Dosen PBA UNIDA Gontor aktif menjadi Presenter dalam PINBA XI di UIN Ar-Raniry Aceh Indonesia tahun 2018

Dosen PBA UNIDA Gontor aktif menjadi Presenter dalam PINBA XI di UIN Ar-Raniry Aceh Indonesia tahun 2018

Kebutuhan Umat Islam terhadap pembelajaran Bahasa Arab merupakan kebutuhan yang senantiasa mendesak. Hal ini karena Bahasa Arab merupakan bahasa yang tidak mungkin dilepaskan dari kehidupan Umat Islam di seluruh dunia, dimana Bahasa Arab bukan merupakan bahasa yang dimiliki oleh golongan orang Arab semata, melainkan ia adalah bahasa Umat Islam di seluruh dunia, terlebih Al-Qur’an merupakan kitab suci Umat Islam dan diturunkan dengan Bahasa Arab. Maka sudah seyogyanya umat Islam di seluruh dunia mempelajari dan senantiasa belajar bahasa Arab agar dapat memahami agama Islam dengan baik.

Sebagai wadah profesional yang menaungi para pakar bahasa Arab se-Indonesia, Ittihadu Mudarrisi Al-Luthghoh Al-Arabiyah atau biasa disebut IMLA Indonesia, senantiasa mengadakan seminar-seminar bahasa Arab baik level Nasional maupun Internasional guna mengumpulkan para tokoh dan pakar bahasa Arab guna berbagi berbagai pengalaman, menyatukan ide, menjalin ukhuwah dan menguatkan komitmen serta menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada dalam pembelajaran Bahasa Arab sekaligus memberikan berbagai terobosan-terobosan baru dalam metodologi pembelajaran bahasa Arab dan keterampilan kebahasaan serta berbagai penelitian kontemporer bahasa Arab.

Sebagai wujud komitmen tersebut, setiap tahunnya, IMLA mengadakan PINBA atau Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab. Tahun 2018 ini, IMLA Indonesia kembali mengadakan Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab ke 11 (PINBA XI) yang bertempat di UIN Ar-Raniry Banda Aceh Provinsi Nangroe Aceh Darussalam pada tanggal 13 – 15 Juli 2018.

Acara ini dihadiri oleh para perwakilan civitas akademi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, dan Bahasa dan Sastra Arab, dari seluruh Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta di Indonesia dan beberapa negara-negara Arab seperti Arab Saudi, Oman, Mesir, Tunisia, Malaysia, Singapore, dan Brunei Darussalam. Serta para pakar bahasa Arab dari dalam dan luar Negeri, seperti Drs. Ahmad Fuad Efendi, MA, Prof. Dr. Imam Asrori, M.Pd, Dr. Abdurrahman Ibrohim Al-Fauzan, salah satu penulis kitab Arabiyah baina yadayk, Dr. Badr Jabar dari Markaz King Saud Likhidmatil Lughoh Al-Arabiyah, Dr. Aly Ma’youf dari Markaz Buhust wa Tawasul Ma’rifi dan masih banyak lagi.

Pada kesempatan ini pula, PBA UNIDA Gontor sebagai salah satu anggota IMLA mengirimkan delegasinya yaitu Ust. Yoke Suryadarma, M.Pd.I, Dosen Prodi PBA Fakultas Tarbiyah sebagai perwakilan guna mengikuti rentetan kegitan PINBA XI Aceh dan juga berkesempatan menyampaikan presentasi makalah dengan judul, “تطبيق البرنامج اللغوي وفعاليته في تعليم اللغة العربية لجماعة المركز الإسلامي عبد الله غانم الشمائل فونوروكو جاوى الشرقية “

Hadir membuka acara PINBA XI ini, Prof. Dr. Komaruddin Amin, Dirjen Pendis Kemenag Indonesia. Beliau mengatakan dalam sambutannya, “Harus ada wadah yang mampu meningkatkan kemampuan Bahasa Arab para dosen-dosen di Indonesia, maka acara ini merupakan salah satu langkah yang baik menuju hal tersebut”.

Dengan tema, “اللغة العربية ودورها في تطبيق الشريعة الإسلامية وتنمية الثقافة الإنسانية“, PINBA XI diharapkan menjadi suatu starting point untuk menyatukan visi misi pembelajaran Bahasa Arab yang ada di Indonesia dan memperkuat hubungan antara para pakar bahasa Arab di Indonesia dan para pakar di Negara-negara Arab. (suryadarma)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *