Dosen PBA Menjadi Pemakalah Pada Seminar Internasional Bahasa Arab di UPI Bandung

Dosen PBA Menjadi Pemakalah Pada Seminar Internasional Bahasa Arab di UPI Bandung

Bahasa Arab merupakan bahasa yang hidup dan terus berkembang. Perkembangannya dapat dirasakan dengan banyaknya minat terhadap penguasasan dan pembelajaran bahasa ini. banyak seminar-seminar, workshop serta diklat-diklat diadakan untuk memperkuat penguasaan Bahasa Arab ini, baik dalam kajian kebahasaan dan sastra dalam bahasa Arab itu sendiri, maupun pengembangan metodologi pembelajaran serta strategi pembelajaran bahasa arab itu. Jamak diketahui bahwa Bahasa Arab bukanlah milik orang arab asli saja, tetapi milik semua umat Islam diseluruh Dunia. Kiranya hal inilah yang menyebabkan Bahasa Arab terus berkembang dan diminati oleh banyak kalangan.

Salah satu upaya untuk mengembangkan dan mengkaji Bahasa Arab  secara mendalam, diadakanlah Seminar Internasional Bahasa Arab yang bertempat di Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung Jawa Barat. Acara ini dilaksanakan mulai tanggal 11- 12 November 2016. Turut hadir dalam acara ini, para perwakilan  civitas akademi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Bahasa dan sastra Arab, program studi Linguistik Arab dari seluruh Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta di wilayah Nusantara.

Adapun yang menjadi pembicara Kunci dalam seminar ini adalah Prof. H. Furqan, M.A., Ph.D (Rektor Universitas Pendidikan Indonesia) dan Dr. Dadang Sunendar, M.Hum (Ketua Badan Bahasa). Sedangkan Sumarna Surapranata, Ph.D (Dirjen GTK Kemendikbud), menjadi pembicara utama dengan memaparkan problematika keguruan di seluruh wilayah di Indonesia, termasuk keadaan guru Bahasa Arab yang hanya sekitar 7.305 orang di tahun 2016 ini.

Dalam kesempatan ini, UNIDA Gontor sebagai Perguruan Tinggi Pesantren yang  menitikberatkan semua aspek pendidikan akademiknya dalam pengajaran dan pembelajaran  Bahasa Arab juga mengutus delegasinya, yaitu Yoke Suryadarma, M.Pd.I, Dosen Prodi PBA Fakultas Tarbiyah sebagai salah satu pemakalah dalam acara seminar internasional tersebut yang membawakan makalah dengan judul,  “أهمية التدريبات اللغوية وصيغها المشوقات في تعليم اللغة العربية على ضوء المهارة الكتابة ”.

Dengan mengusung tema“الندوة العلمية العالمية لتعليم اللغة العربية وأدبها والقيم الإسلامية: بين الأمل والواقع “, Seminar Internasional 2016 bertajuk “Pembelajaran Bahasa & Sastra Arab dan Nilai Islam: Harapan dan Kenyataan” atau dalam bahasa Arabnya”, diharapkan menjadi salah satu penyumbang rekomendasi dan gagasan agar pembelajaran bahasa Arab di Indonesia lebih berkembang dan diperhatikan perkembangannya oleh Pemerintah Indonesia melalui Kemendikbud, Kemenag dan Kemenrisktek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *