Dosen PBA Hadiri Seminar Bahasa Internasional di UNS

Dosen PBA Hadiri Seminar Bahasa Internasional di UNS

Universitas Darussalam selalu berusaha meningkatkan keilmuan serta memperluas wawasan para dosennya. Jumat 30 Oktober 2015, Universitas Darussalam mengirim dua orang dosennya dari prodi Pendidikan Bahasa Arab untuk menghadiri seminar Internasional yang bertajuk “Isu-Isu Kotemporer Kebahasaan, Kesusastraan dan Kebudayaan”. Dua nama tersebut adalah Agung Nurcholis, M.Pd.I dan Luthfi Muhyiddin, MA. Seminar ini diselenggarakan oleh Research Group Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta sebagai bentuk usaha kolaboratif mewujudkan portal yang akan mewadahi tulisan-tulisan berkaitan dengan kebudayaan Arab maupun kebudayaan Indonesia.

Bahasa merupakan alat pertama yang akan mempengaruhi cara pandang manusia. Hal ini disampaikan oleh Prof. Dr. Ahmed Elsawy Abdelrahem Guru Besar Filsafat, Kebudayaan Arab dan Islam Universitas Suez Canal Mesir selaku pembicara pertama, ia menyampaikan bahwa munculnya gerakan politik keagamaan semisal Ikhwanul Muslimin, berperan penting sebagai benteng yang menghadang serangan pihak yang memusuhi Islam dilancarkan lewat perang terminologi yang akan mempengaruhi ideologi masyarakat dunia pada umumnya serta umat Muslim pada khususnya. Selari dengan Prof. Abdelrahem, Drs. Mugijatna, M.Si., Ph.D. dosen Sastra Inggris Fakultas Imu Budaya UNS mengamati bahwa perang istilah juga terjadi dalam karya sastra lewat inkulturasi budaya pada masa kolonialisme, terkhusus sastra Indonesia yang sangat terpengaruhi oleh sastra Arab, Melayu dan Belanda. Sementara itu, Prof. Dr. Syamsul Hadi, S.U., M.A. ketua Minat Kajian Timur Tengah Pascasarjana UGM menyoroti perihal pembentukan serta perkembangan istilah kebahasaan dalam Bahasa Arab yang mempengaruhi proses kebahasaan dan komunikasi.

Antusiasme peserta begitu kental terasa dalam acara ini. Karna tidak hanya dihadiri oleh para dosen dan akademisi dalam lingkup Universitas saja, melainkan juga pencinta bahasa dan sastra Arab dari beberapa sekolah dan pondok pesantren di sekitar Surakarta dan luar Surakarta. Terasanya antusiasme dan kesadaran para peserta akan hal ini, membuktikan bahwa seminar sejenis ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat akademisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *