Dosen K3 UNIDA Gontor Ikuti Pelatihan Ahli K3

Dosen K3 UNIDA Gontor Ikuti Pelatihan Ahli K3

K3Beberapa waktu yang lalu, dosen Program Studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang terdiri dari Eka Rosanti dan Ratih mengikuti Pelatihan Ahli K3. Pelatihan ini sangat penting karena berdasarkan UU No 1 Tahun 1970 beserta peraturan pelaksanaannya Permen No 4/MEN/1987 pasal 2 perusahaan (termasuk di dalamnya adalah Perguruan Tinggi) wajib memiliki ahli K3 agar pelaksanaan K3 di tempat kerja berjalan optimal. Pelatihan Ahli K3 Umum adalah program Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi untuk mempersiapkan ahli K3 di perusahaan dan berbagai sektor termasuk sektor akademik yang dapat membantu mengembangkan keilmuan K3.

Target pelaksanaan Pelatihan Ahli K3 Umum ini adalah untuk mengetahui tugas dan kewajiban dalam melaksanakan persyaratan, sistem, dan proses K3 di tempat kerja sesuai peraturan yang berlaku, dalam hal ini tenaga pendidik mampu mengembangkan kompetensinya di bidang Ilmu K3 dalam rangka menciptakan lulusan yang berkualitas.

Intruktur yang akan memberikan training ahli K3 umum ini adalah instruktur Senior dari KEMENAKERTRANS RI dan Instruktur yang berkompeten dan berpengalaman di bidangnya yang sudah sering memberikan materi dalam setiap penyelenggaraan training Ahli K3 Umum. Peserta yang lulus pada Training Ahli K3 Umum ini akan diberikan sertifikat dan penunjukan Ahli K3 umum yang di keluarkan oleh KEMENAKERTRANS RI.

Pembinaan calon Ahli K3 Umum tersebut dilaksanakan di Hotel Tamansari Karanganyar Jawa Tengah pada tanggal 24 Agustus – 4 September 2015. Realisasi pelaksanaan Pelatihan Ahli K3 Umum ini mencapai 100 % yaitu memperoleh sertifikat sebagai Ahli K3 Umum, lencana dan pin Ahli K3 Umum, modul pelatihan, serta mendapatkan kesempatan Praktek Kerja Lapangan di PT. Indo Acidatama Tbk Kebakkramat, Karanganyar, Jawa Tengah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *