Delegasi UNIDA Gontor Raih Juara Dua Dalam Ajang Invofest 2017

Delegasi UNIDA Gontor Raih Juara Dua Dalam Ajang Invofest 2017

TEGAL – Delegasi Mahasiswa Program Studi Informatika Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor meraih juara kedua kategori lomba Database Programming Competition (DPC) dalam ajang Informailes Vocational Festival (Ivofest) 2017 Politeknik Harapan Bersama Tegal- Jawa Tengah.

Invofest 2017 merupakan ajang festival perlombaan informatika yang diselenggarakan oleh Program Studi D-IV Teknik Informatika Politeknik Negeri Harapan Bersama Tegal, pada 26 – 29 Oktober 2017 lalu.

Pada tahun ini Invofest menggelar tiga kategori perlombaan diantaranya, Mobile Development Competition (MDC), Web Design Competition (WDC), dan Database Programming Competition (DPC). Dari ketiga kategori perlombaan tersebut Delegasi dari Mahasiwa UNIDA Gontor yang berjumlah 10 orang, terdiri dari sembilan orang mahasiswa program studi Informatika dan satu orang mahasiswa program studi Teknik Industri Pertanian mengikuti dua Perlombaan DPC (Database Programming Competition) dan MDC (Mobile Development Competition).

Perlombaan ini dimulai usai pembacaan teknikal meeting oleh panitia, babak kualifikasi DPC dimulai dengan estimasi waktu 60 menit, penilaian berdasarkan ketepatan dan kecepatan para peserta lomba. Pada babak kualifikasi DPC ini berjumlah 32 peserta. Sedangkan kategori MDC tiga kelompok/ tim yang langsung masuk ke babak final.

Setelah babak kualifikasi pertama berakhir, pengumuman di laksanakan 1 jam kemudian. Pada saat pengumuman kualifikasi pertama DPC, peserta yang diambil 10 orang terbaik yang akan masuk pada tahap Kualifikasi Babak Kedua. Delegasi Mahasiswa UNIDA Gontor berhasil masuk tahap kedua dengan jumlah 3 orang yaitu Imron Rosadi, Ahmad Afif, dan Fikky Aprico.

Selanjutnya pada babak kualifikasi kedua dalam tempo 60 menit peserta menormalisasikan data yang sudah di berikan oleh panitia. Setelah pengerjaan selesai, panitia memberikan waktu 30 menit untuk memberikan hasil. Babak kualifikasi kedua ini mengambil 5 besar yang akan maju ke babak final. Dan Alhasil delegasi dari UNIDA Gontor yaitu saudara Ahmad Afif (Pasuruan) masuk babak final dengan urutan peserta kedua dari 5 orang yang dipilih. Kemudian pada kualifikasi babak ketiga ini mengambil 3 peserta terbaik yang akan dijadikan juara.

Ajang Invofest 2017 ditutup dengan  seminar bertemakan “Bisnis Aplikasi Start Up untuk membangun kreatifitas pemuda Indonesia” yang disampaikan oleh Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc (Ditjen Aptika Kementerian Komunikasi Dan Informatika) dan Rully Indrawan, S.T (CEO PONDOK Programmer) pada sabtu, 28 oktober 2017 pukul 09.00-11 WIB acara ini diakhiri dengan pengumuman juara tiap kategori lomba.  Alhamdulillah delegasi dari mahasiswa UNIDA Gontor meraih juara dua dengan kategori lomba Database Programming Competition (DPC), sedangkan juara satu dan tiga diraih oleh mahasiswa Universitas Muria Kudus. [Imron Rosadi / ed. wafi]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *