Dekan Fakultas Sastra Arab Universitas King Saud Melatih Pengajaran Bahasa Arab di UNIDA Gontor

Dekan Fakultas Sastra Arab Universitas King Saud Melatih Pengajaran Bahasa Arab di UNIDA Gontor

Universitas Darussalam Gontor kali ini mendapatkan kunjungan dari Dekan Fakultas Sastra Arab Universitas King Saud Dr. Ali Mayouf bin Abdul Aziz Mayouf pada hari Kamis – Jum’at tanggal 3-4 Februari 2017. Kunjungan ini bertujuan untuk mengadakan Pelatihan dan Pengembangan Kemampuan Pengajaran Bahasa Arab untuk non Arab.

Kunjungan ini merupakan kunjungan yang pertama kalinya bagi Dr. Ali Mayouf, dan sudah sejak lama, beliau ingin berkunjung ke Gontor. Dalam hal ini,  Pondok Pesantren Tazakka Pekalongan bertindak sebagai penanggung jawab utama atas kedatangan beliau ke Indonesia, menjadwalkan kunjungan ke Gontor setelah mengisi pelatihan yang sama di Universitas Muhammadiyah Solo, tanggal 1-2 Februari 2017 dan direncanakan pada tanggal 5-6 Februari 2017 di Pondok Pesantren Tazakka Pekalongan.

Rombongan Dr. Ali Mayouf datang di kampus Universitas Darussalam (UNIDA)  Gontor pada hari Kamis, pukul 22.00, disambut oleh Pembantu Rektor II Al-Ustadz Dr. Setiawan Lahore, M.A, dosen-dosen Pendidikan Bahasa Arab dan beberapa mahasiswa pasca Pendidikan Bahasa Arab sebagai panitia pelaksana dan penyelenggara. Setelah ramah tamah, Dr. Ali Mayouf dan rombongan beristirahat di Hotel Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor.

Pelatihan  dan Pengembangan Kemampuan Pengajaran Bahasa Arab untuk non Arab dilaksanakan di hall Center for Islamic and Occidental Studies (CIOS), diikuti oleh mahasiswa- mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Arab dan program Pasca Sarjana. Jumlah peserta pada pelatihan ini dibatasi hanya 150 orang saja, hal ini bertujuan agar pelaksanaan berjalan lebih efektif dan efisien sehingga menghasilkan input yang lebih maksimal untuk seluruh peserta. Dilaksanakan selama 3 jam setengah, dari pukul 08.30 – 11.00, acara ini dihadiri langsung oleh Bapak Rektor Al-Ustadz Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A dan Pembantu Rektor III Al-Ustadz Dr. H. Dihyatun Masqon, M.A. beserta seluruh dosen prodi Pendidikan Bahasa Arab.

Sesuai dengan arahan dan harapan Bapak Rektor Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor, dilaksanakannya kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas pengajar bahasa Arab, sehingga mampu membuat perencanaan/idad mengajar, metode, silabus, agenda pembelajaran bahasa Arab dan evaluasi yang baik serta bisa mendapatkan peningkatan kecakapan dasar dalam berbahasa Arab, yaitu kecakapan mendengar, berbicara, membaca dan menulis.

Pada kesempatan ini juga, Dr. Ali Mayouf bersilaturrahim dengan Bapak Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor beserta Badan Wakaf di kantor Pimpinan, setelah sholat Jum’at. Dilanjutkan kunjungan dan silaturrahim ke Bapak Wakil Pengasuh Pondok Modern Darussalam Gontor kampus 2. Dr. Ali Mayouf juga mendapat kesempatan untuk memberikan sambutan di depan seluruh santri PMDG kampus 2 setelah sholat Ashar.

Rombongan Dr. Ali Mayouf meninggalkan kampus Universitas Darussalam Gontor pada pukul 16.00 menuju stasiun Madiun untuk meneruskan perjalanan ke Pondok Pesantren Tazakka Pekalongan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *