DAUROH QUANTUM AL-QUR’AN 2019: “WHO AM I WITHOUT YOU”

DAUROH QUANTUM AL-QUR’AN 2019: “WHO AM I WITHOUT YOU”

Mantingan-Membentuk mundzirul qoum yang berjiwa Qur’ani. Menjadi seorang hafidzah tentunya membutuhkan sebuah perjuangan yang nyata dalam menggapai, mengedapankan, dan mempertahankannya. Maksud dari mempertahankan dalam topik ini adalah berjuang mempertahankan lantunan ayat yang sudah dihafalkan dan ditadaburri oleh setiap hafidzah. Adapun Al-Qur’an yang merupakan wahyu Allah telah dijaga kemurniaannya sampai akhir zaman serta memberi jawaban akan pokok permasalahan kita. Semakin dekat dengan Al-Qur’an, maka Allah SWT kelak memudahkan disetiap jalan dan niat kita. Dengan begitu hidup akan terasa lebih tenang dan indah bersama Al-Qur’an. Salah satu cara untuk mendekatkan diri dengan Al-Qur’an adalah dengan bertilawah dan memahami isi kandungan Al-Qur’an lalu menghafalnya dengan tingkat pemahaman yang baik. Berpijak pada hal tersebut, maka Program Tahfidz yang bekerja sama dengan Markaz Al-Qur’an divisi Mantingan mengadakan Dauroh Tahfidz Quantum Al-Qur’an dengan tema “Dear Al-Qur’an: Who Am I Without You”. Berjalannya acara ini atas kerjasamanya Chelsea Aulia Ramadhani dan Fitra Amalia beserta 48 panitia yang sudah memperjuangkan jalannya acara hingga selesai.

Penyampaian materi oleh Ust Asif, Lc. M.A dengan tema ‘I’jazul Quran”

Adapun realisasi pelaksanaan kegiatan ini berlangsung selama tiga hari. Dibuka pada hari Ahad (4/8/2019) tepatnya pukul 08.00 WIB oleh Al-Ustadz Dana Dahlani, Lc dan ditutup pada hari Selasa, (6/8/2019) pukul 20.00 WIB oleh Al-Ustadz Khalid Muslih, M.A. Peserta yang mengikuti dauroh  ini berasal dari mahasiswi UNIDA Putri dengan kapasitas 100 peserta, dengan rincian 30 peserta (Zona Tahfidz) dalam Program Muroja’ah dan 70 peserta dalam Program Ziyadah. Acara ini didukung oleh beberapa kegiatan seperti: 5 Materi Umum, halaqoh tahfidz, shalat tahajjud, ta’jil bersama, dan Muhasabah Qur’ani berupa penayangan beberapa film pendek yang bernuansa Qur’ani.  Acara ini tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya pemateri dan materi yang berkesinambungan, dengan begitu panitia mengundang beberapa tutor yang sudah diharapkan kedatangannya, mereka adalah: (1) Al-Ustadz Dana Dahlani, Lc dengan materi Muqaddimah Al-Jazariyyah, (2) Al-Ustadz Asif Trisnani, Lc, M.A. dengan materi I’jazul Qur’an, (3) Al-Ustadz M. Shohibul Mujtaba’, M.Ag dengan materi Motivasi Qur’an, (4) Al-Ustadzah Fitri Setyorini, M.Pd dengan materi Membentuk Keluarga Qur’ani, (5) Al-Ustadz Nofriyanto, M.Ag dengan materi The Miracle of Holy Qur’an, (5) Al-Ustadz Khalid Muslih, M.A dengan materi Dear Al-Qur’an: Who Am I Without You.

Pemberian sertifikat kepada pemateri

Puncak acara ini diadakan pada Selasa (6/8/2019) malam dengan seminar umum yang turut mengundang semua mahasiswi UNIDA kampus putri tepatnya di aula UNIDA kampus putri. Pemateri pada malam itu adalah Al-Ustadz Khalid Muslih, M.A dengan materi singkatnya yang berjudul Dear Al-Qur’an: Who Am I Without You lalu dilanjutan dengan pembagian hadiah. Adapun pembagian hadiah diberikan berdasarkan prestasi peserta yang telah dicapai selama dauroh berlangsung. Peserta yang meraih title the best participant in Muroja’ah of Al-Qur’an adalah saudari Zidna Azima, dilanjutkan dengan the best participant in memorizing of Al-Qur’an yang telah diraih oleh saudari Nurul Jannah.

Perlu diketahui acara Quantum Al-Qur’an yang berbasis dauroh merupakan acara perdana yang dilaksanakan pada tahun 2019 ini. Akan tetapi, tanpa adanya kerjasama, keridhaan, dan do’a dari segala pihak kita sebagai panitia tidak akan berjalan sebagaimana mestinya. Dengan acara dauroh ini diharapkan dapat melahirkan generasi-generasi yang cinta Al-Qur’an serta dapat menjadi mundzirul qoum yang berjiwa Qur’ani. (Nisa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *