Dari Turki hingga Kenya; Forum Kebudayaan di Qatar University

Dari Turki hingga Kenya; Forum Kebudayaan di Qatar University

 Setiap tahunnya, UNIDA Gontor mendapat 2 beasiswa dari Qatar University untuk mengikuti program peningkatan Bahasa Arab di Qatar University. Pada tahun akademik 2018-2019, UNIDA Gontor mengirimkan Ifa Rodifah Nur dan Hilmi Qudratullah Furqan sebagai penerima beasiswa di Qatar. Berikut laporan dari Ifa Rodifah Nur , yang baru saja menyelesaikan program tersebut.

Agenda tahun ini mengusung tema Pariwisata dimana beberapa mahasiswa mempresentasikan pariwisata dari negaranya masing-masing dan disampaikan menggunakan Bahasa Arab. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa Qatar University dari perwakilan berbagai negara diantaranya Indonesia, Turki, Bosnia dan Herzeg, Ukraina, Rusia, India dan Kenya.

Pada kesempatan kali ini salah satu utusan Universitas Darussalam Gontor (UNIDA Gontor) Ifa Rodifah Nur, M.Pd. beserta utusan dari Universitas Negeri Jakarta Nisa Yusri Anisah, S.Pd. berkesempatan untuk mempresentasikan kebudayaan dan pariwisata di Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kemampuan Bahasa Arab mahasiswa pada program ANNS yang telah berjalan kurang lebih selama dua bulan.

Melalui seminar ini peserta saling berbagi pengetahuan dan menambah wawasan khususnya di bidang budaya dan pariwisata dari berbagai macam negara, hal ini diharapkan dapat mempererat hubungan persahabatan antar negara diantara para mahasiswa dan juga dosen.

Selain daripada itu kegiatan ini juga diisi dengan berbagai macam kegiatan lainnya diantaranya dimulai dengan persembahan lagu kebangsaan “Qatar Satabqa Hurrah” dan dilanjutkan dengan drama berbahasa arab dan juga demonstrasi tentang beberapa ulama yang terkenal pada masanya seperti Ibnu Sina, Ibnu Batutah, Alkhawarizmi, serta Ibnu Haitham. Agenda ini ditutup dengan acara makan siang bersama seluruh dosen dan mahasiswa program Arabic For Non Native Speaker.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *