Dalam Ajang LKTIN UII, Delegasi PAI UNIDA Gontor Kenalkan Peran DPM Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat

Dalam Ajang LKTIN UII, Delegasi PAI UNIDA Gontor Kenalkan Peran DPM Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat

Yogyakarta – “Mahasiswa adalah agent of change” itulah slogan yang membangkitkan semangat para mahasiswa Indonesia. Begitupun dengan para Mahasiswa Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor. Salah satu pergerakan Mahasiswa UNIDA Gontor dalam meningkatkan mutu Pendidikan di Indonesia, yaitu dengan mengikuti berbagai Event yang di adakan dari setiap kampus. Hal ini sebagai langkah awal mereka untuk mengeluarkan berbagai macam ide cemerlang yang terbenak di pikirannya. untuk di aplikasikan dalam segala aspek pendidikan di Indonesia.

Jum’at 10 November 2017, bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan. Mahasiswa UNIDA Gontor, mendapatkan kesempatan untuk menghadiri Acara yang diadakan oleh yaitu Labma Scientific Fair Universitas Islam Indonesia (LSF UII) yang merupakan salah satu UKM UII.

Labma Scientific Fair (LSF) 2017 merupakan acara keilmiahan yang diselengarkan oleh Laboratorium Mahasiswa Universitas Islam Indonesia. Dengan 4 Rangkaian Acara : LKTIN,  Seminar Nasional, Expo dan Field Trip.

Pada tahun ini LSF UII mengadakan acara dengan mengangkat tema “Peran pemuda dalam memanfaatkan potensi lokal untuk mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs)”. Salah satu agenda yang di adakan LSF UII adalah Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN), adapun jumlah peserta yang lolos pada penyeleksian Abstrak berjumlah 137 Kelompok, di lanjutkan dengan penyeleksian Full Paper. sehingga terpilihlah 15 Finalis dari berbagai Kampus di Indonesia. Acara ini berlansung selama 2 hari, yaitu dari tanggal 10-12 November 2017.

Pada acara LSF UII yang pertama kali diadakan ini, UNIDA Gontor mengutus 3 Orang untuk menghadiri Akomodasi 15 Finalis yang lolos pada penyeleksian LKTIN LSF UII 2017. Ust. Syafirudin Al-Baqi sebagai Dosen pembimbing, beserta 2 Mahasiswa dari Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) Semester 3 yaitu Alvhi Syahrin Gunandar dan Aslih Fahmi.

Adapun judul Karya Tulis Ilmiah yang di gagas oleh para Mahasiswa PAI ini adalah “Memaksimalkan Peran DPM Universitas Darussalam Gontor Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat” Karya Tulis Ilmiah yang di gagas ini, bertujuan untuk mengenalkan peran Departemen Pengabdian Masyarakat (DPM) dalam menanamkan pendidikan yang islami kepada para peserta didik, khususnya anak-anak Usia Dini pada suatu lembaga yang dasar yaitu Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA). Dengan harapan kegiatan DPM ini dapat menjadi salah satu Lembaga yang berperan dalam meningkatkan pendidikan di Indonesia. [Alvhi Syahrin Gunandar/PAI]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *