Center For Mawarith Studies Gelar Pembekalan Pengantar “PSP” kepada Calon Wisudawan UNIDA Gontor Angkatan 28 Kampus Siman.

Center For Mawarith Studies Gelar Pembekalan Pengantar “PSP” kepada Calon Wisudawan UNIDA Gontor Angkatan 28 Kampus Siman.

UNIDA Gontor – Dalam rentetan acara muaskar / Daurah Tadribiyah al-Mukatsafah yang berlangsung dari tanggal 27 – 31 Juli 2017. Sebanyak 43 Orang Calon Wisudawan Jenjang Program Strata 1 (S-1) Alumni UNIDA Gontor kampus siman Angkatan XXVIII, Mengikuti Pembekalan Ilmu Al-Mawarits kelas Pengantar Dasar “PSP” yang di sampaikan oleh Centre For Mawarith Studies (CMS). Para Calon wisudawan ini terdiri dari litas fakultas, yaitu Fakultas Tarbiyah, Ushuluddin, Syari’ah, Ekonomi dan Manajemen. Acara ini berlangsung selama satu hari di Hall Markaz Sirah lt 2 UNIDA Gontor pada Sabtu, 29 juli 2017.

Pembekalan ini menitikberatkan kepada pembangunan karakter “Mawarith Mind“, yaitu pengetahuan makna hakiki Ilmu Al-Mawarits adalah PSP (Penentuan Sebelum Pembagian). Makna ini menjelaskan bahwa disetiap kematian keluarga muslim yang dilaksanakan pertama sekali adalah Penentuan ahli waris dan hak waris mereka masing-masing sebagai Fardu (Wajib) Kifayah, kemudian Pembagian harta warisannya diserahkan kepada kesepakatan para ahli waris yang telah ditentukan sebelumnya.

Selain itu, Pembekalan ini juga merupakan bagian dari Gerakan Edukasi “Ihya Ilmi Al-Mawarits” (Menghidupkan Ilmu Waris Islami di Keluarga), bersama Mhd. Jabal Alamsyah, Lc., M.A. dan Tim CMS (Center for Mawarith Studies) UNIDA Gontor. Ihya Ilmi Al-Mawarits adalah salah satu “core” UNIDA Gontor selain Bahasa Arab, Islamic Worldview dan Wakaf.

Diakhir sesi, Mhd. Jabal Alamsyah, Lc., M.A. (Penyusun & Trainer “PSP”: Sistem Edukasi Mawarits Keluarga) menganugerahkan Ijazah “Sanad Al-Ilmi” Pengantar Dasar PSP kepada peserta yang hadir. Trainer juga bersepakat dengan para calon wisudawan untuk berkomitmen menjadi pelaksana “PSP Ideal” jika terjadi kematian pada keluarga masing-masing dengan langsung menghubungi MCC (Mawarith Call Center) – CMS UNIDA Gontor di nomor 0813 847 874 13 untuk menyegerakan pelaksanaan PSP atas almarhum/ah tersebut. [01/CMS – UNIDA Gontor]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *