British Council Indonesia, Kedutaan Besar Inggris Luncurkan Kemitraan English for Indonesia dengan Gontor

British Council Indonesia, Kedutaan Besar Inggris Luncurkan Kemitraan English for Indonesia dengan Gontor

Ponorogo, 26 Agustus 2019British Council dan Kedutaan Besar Inggris Jakarta meluncurkan kemitraan “English for Indonesia” dengan Gontor, sebuah program untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pengembangan kapasitas keterampilan bahasa Inggris. Program ini akan membantu mengembangkan strategi dan materi pembelajaran digital yang interaktif untuk para guru Pondok Pesantren Modern Gontor dan dosen Universitas Darussalam Gontor (UNIDA).

Materi pembelajaran digital British Council ini telah dirancang untuk melengkapi pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris untuk semua tingkat kemahiran melalui empat situs web yaitu: LearnEnglish Kids untuk anak-anak dan orang tua, LearnEnglish Teens untuk remaja, LearnEnglish untuk orang dewasa, profesional maupun siswa dan TeachingEnglish untuk para guru yang mencari bahan pendukung pengajaran dan sarana pengembangan pedagogis.

Kemitraan bersama Gontor mencakup program pengembangan kapasitas untuk guru dan dosen bahasa Inggris melalui program Training of Trainers tatap muka dengan Master Trainer dari British Council. Dalam pelatihan tersebut, guru akan terjun secara langsung untuk mempelajari dan mencoba menggunakan strategi dan materi pembelajaran bahasa Inggris yang kreatif, inovatif, cerdas dengan memanfaatkan teknologi digital.

Sebelum sesi Training of Trainers, para guru juga akan mengukur kemahiran bahasa Inggris mereka dengan Aptis, tes penilaian kemampuan bahasa Inggris yang dibuat oleh British Council. Aptis sendiri telah dikembangkan sebagai metode yang akurat dan fleksibel untuk menguji kemahiran bahasa Inggris yang mencakup keempat keterampilan bahasa Inggris – mendengarkan, membaca, menulis dan berbicara, dengan tes tata bahasa dan kosa kata sebagai komponen inti.

Paul Smith, Direktur British Council Indonesia menyampaikan, “Sejak kami meluncurkan English for Indonesia pada pertengahan 2018, program ini telah melatih 500 guru dari 16 kota di 11 provinsi di Indonesia dan membuka kesempatan bagi semua orang Indonesia untuk menggunakan sumber belajar dan mengajar bahasa Inggris digital secara gratis.

Lebih lanjut ia memaparkan, “Kami senang sekali English for Indonesia akhirnya bisa hadir di Gontor. Kami berbagi ambisi yang sama bersama UNIDA, Pesantren Modern Gontor dan jaringan sekolah Gontor untuk meningkatkan akses dan kualitas pendidikan yang menegaskan reputasi mereka sebagai lembaga pendidikan terkemuka dan progresif.”

Ia lalu menjelaskan, “English for Indonesia bersama Gontor akan menawarkan kepada siswa, guru, dan komunitas metode inovatif dan kreatif untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dan membantu memenuhi aspirasi kejuruan. Melalui pelatihan British Council, penggunaan materi digital dan melalui tes penilaian Aptis, kami berharap dapat melihat tingkat penggunaan bahasa Inggris praktis meningkat secara signifikan. “

Owen Jenkins, Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste dijadwalkan hadir dalam acara tersebut, namun karena salah satu tim Kedutaan Besar Inggris masuk rumah sakit, beliau harus menemani timnya di rumah sakit.

Dalam pernyataan tertulisnya, Owen Jenkins menyampaikan: ““English for Indonesia bersama Gontor bertujuan untuk memastikan kesempatan yang setara dan membantu para guru dan siswa membangun masa depan yang lebih baik melalui Bahasa Inggris.

Beliau juga menuliskan, “Saya percaya bahwa bahasa Inggris merupakan faktor penting bagi keterampilan hidup Abad ke-21 dan keterampilan krusial untuk pengembangan sumber daya manusia di negara ini – sejalan dengan komitmen pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Saya berharap program ini dapat membantu siswa dan guru Gontor meningkatkan daya saing mereka di panggung dunia”

KH Hasan Abdullah Sahal, President of University of Darussalam Gontor, dalam sambutannya menyampaikan bahwa sejak awal Gontor telah menjatuhkan pilihan pada bahasa Arab dan Inggris sebagai kunci untuk membuka ilmu.


Prof. Dr. Amal fathaullah Zarkasyi, M.A., Rektor Universitas Darusallam Gontor dalam sambutannya menyampakan bahwa Gontor sangat berterima kasih atas kunjungan dan kerja sama ini. “Di Gontor kami memiliki dosen yang merupakan lulusan dari universitas di Inggris. Antara lain Ustaz Akrim Mariyat, alumni Manchester University, Ketua Yayasan di Universitas Darussalam Gontor. Dr Hamid Fahmy Zarkasyi, Wakil Rektor 1 UNIDA, alumni Birmingham University.”

Beliau juga berharap, untuk ke depannya, dengan adanya kerja sama yang erat dengan Kedutaan Besar Inggris dan British Council, akan semakin banyak alumni Gontor yang menuntut ilmu di Inggris.

Beliau menyampaikan bahwa mempelajari bahasa Inggris adalah sebuah kunci untuk mempelajari sains dan teknologi. “Gontor yang berdiri sejak 1926 ini, dalam sepengetahuan kami, adalah pesantren pertama yang mengajarkan bahasa Inggris, karena para pendiri melihat pentingnya kemampuan berbahasa Inggris.”

“Maka adanya kerja sama ini adalah sebuah kesempatan emas bagi Gontor untuk semakin meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran bahasa Inggris, khususnya, dan kualitas networking dengan Inggris umumnya,” papar beliau

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *