BI Lakukan Kerjasama dengan UNIDA Gontor

BI Lakukan Kerjasama dengan UNIDA Gontor

UNIDA Gontor – Penandatanganan Momerandum of Understanding (MoU) antara UNIDA Gontor dan Bank Indonesia dilakukan di hall lantai 4 gedung terpadu UNIDA Gontor, Sabtu, 10 Maret 2018.

Kerjasama ini antara lain adalah pendirian International of Center Auqof Studies (ICAS), pengembangan ekonomi pesantren melalui industri pegolahan limbah sampah di lingkungan pesantren dan kampus serta BI Corner di perpustakaan pusat UNIDA Gontor.

Gontor sebagai lembaga pendidikan yang telah menerapkan wakaf sejak lama, menjadi tempat yang bagus sebagai pusat studi wakaf, oleh Karena itu BI melakukan kerjasama dengan dengan UNIDA Gontor dalam mendirikan ICAS.

Kerjasama yang dilakukan antara UNIDA Gontor dan BI, kemudian dilanjutkan dengan kuliah umum bersama Deputi Gubernur BI, Bapak Perry Warjino, Ph.D. Tema yang diangkat adalah Peran Bank Indonesia dalam Mengembangkan Ekonomi Syariah.

Acara kuliah umum yang dihadiri oleh seluruh civitas akademika UNIDA ini berlangsung selama tiga jam dari pukul 13.00 sampai 16.00.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Darussalam Gontor, Prof. Amal Fathullah Zarkasyi. M.A. mengatakan bahwa ICSA sebagai institusi wakaf pertama di dunia akan melakukan beberapa pengembangan antara lain kurikulum program studi, kedua edukasi dan sertifikasi nadzir wakaf, ketiga riset dan pengembangan terkait wakaf, keempat seminar dan training wakaf, dan yang kelima publikasi wakaf.

Bapak perry mengatakan BI sebagai satu-satunya bank sentral yang langsung terjun mengembangkan ekonomi keuangan syariah di dunia BI memiliki departemen baru yaitu ekonomi dan keuangan syariah. Beberapa poin penting yang disampaikan dalam kuliah umum adalah BI akan menjadi AIR, yaitu Akselerator, Inisiator dan Regulator dalam pengembangan ekonomi dan keuagnan syariah.

Dalam penutupnnya, moderator acara Al-Ustadz Khoirul Umam, M.Sc., megatakan “Kalau kita benar ingin di tahun 2020 menjadi inisiator industri ekonomi syariah, tidak akan mustahil akan terwujud jika kita saling bekerjasama”.[Iqbal Munir]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *