UNIDA Gontor, UNISBA, STAIL Surabaya dan AMIKOM Yogyakarta Jalin Kerjasama Sosialisasi Islamic Worldview

UNIDA Gontor, UNISBA, STAIL Surabaya dan AMIKOM Yogyakarta Jalin Kerjasama Sosialisasi Islamic Worldview

UNIDA Gontor – Rektor Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A. bersama Rektor Universitas Negri Islam Bandung (UNISBA) Prof. Edi Setiadi, S.H, M.H., Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Luqman Al-Hakim (STAIL) Surabaya Dr. Mashud, M.Si, dan Rektor Universitas AMIKOM Yogyakarta Prof. M. Suyanto, MM. menandatangani Nota Kesepahaman antara UNIDA Gontor, UNISBA, STAIL dan AMIKOM, Ahad (8/9/2019).

Nota kesepahaman (Memorandum of Understanding / MoU) yang di tandatangani ini mengenai kerjasama antara UNIDA Gontor dengan UNISBA, STAIL Surabaya dan AMIKOM Yogyakarta dalam bentuk Sosialisasi Islamic Worldview, dan Diskusi Joint Research.

Dalam sambutanya, Prof. Amal Fathullah menyampaikan, Saat mengikuti rapat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) beberapa waktu lalu di Makassar, ada himbauan wajib untuk saling tolong-menolong dan kerjasama antar perguruan tinggi Islam.

Selan itu, saat rapat PTKIS di Jakarta, Prof. Amal juga bertemu dengan Rektor UNISBA, UII, dan UMI. Saat ini Rektor UNISBA kembali hadir bersama kita dalam MoU. Rektor UNISABA Prof Edi Setiadi, SH, MH. UNISBA menyampaikan bahwa saat ini ada 10 fakultas, 3 fakultas agama dan 7 fakultas umum yang mencakup ekonomi, kedokteran, hukum, psikologi, komunikasi, matematika, dan teknik. Total ada 32 prodi di UNISBA. Ia juga berharap dapat berlangsung kunjungan dari UNIDA ke UNISBA Bandung.

“Dalam hal ini, Selain tandatangan MoU, juga diadakan pengenalan dan sosialisasi Islamic Worldview yang menjadi core UNIDA Gontor. Harapannya, semoga dengan terjalinnya MoU ini banyak manfaat yang bisa dibagikan”, Pungkasnya.

Senanda dengan hal itu, Ketua STAIL Surabaya Dr. Mashud, M.Si mengatakan sejak pertemuan di Forpim PTKIS di Surabaya, sudah ada wacana untuk mengadakan kunjungan dan kerjasama ke UNIDA Gontor terkait sosialisasi Islamic Wordview ini. Selain itu, Di lain hal kerjasama STAIL dan UNIDA sudah lama berjalan melalui Program Kaderisasi Ulama (PKU). Yaitu Sudah 4-5 tahun telah berjalan workshop PKU di kampus STAIL.

STAIL memiliki banyak kesamaan dengan UNIDA. Ada dua program, program asrama dan program umum (non-asrama). Selain itu, setiap tahunnya, selain wisuda, STAIL jga mengadakan penugasan da’i ke berbagai daerah, Paparnya.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor AMIKOM Yogyakarta Prof. M. Suyanto, MM mengungkapkan Dalam buku  revolusi industri 4.0, disebutkan bahwa sekarang tidak ada lagi persaingan, namun kolaborasi. Ia mencontohkan Salah satunya adalah Gojek dan Gofood meski tidak memiliki armad motor, mobil, dan rumah makan tetapi dapat menjadi penyedia jasa tersebut. Seharusnya antar perguruan tinggi harus terjalin juga seperti demikian.

Ia Menambahkan Saat pendirian Program Studi Teknik Informatika (TI) UNIDA, Amikom juga banyak memberikan support. Bila mana kedepannya UNIDA akan membuka pendirian Magister Teknik Informatika, AMIKOM juga siap memberikan support dalam pendirian Magister tersebut. Dengan demikian Umat ini harus saling bergandengan tangan dan maju bersama demi kemajuan umat. Ungkapnya. [H. Wafi]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *