Berikut Tiga Kesepakatan British Council dengan Gontor

Berikut Tiga Kesepakatan British Council dengan Gontor

JAKARTA – “Gontor akan menjadi partner dalam pengembangan bahasa Inggris di Indonesia,” ungkap Paul Smith, Direktur British Council Indonesia, dalam pertemuan dengan delegasi UNIDA Gontor di kantor British Council, Senin (21/1).

Paul juga mengungkapkan bahwa British Council akan dengan senang hati membantu hal tersebut.

Dalam pertemuan tersebut, hadir sebagai delegasi dari UNIDA Gontor Dr Hamid Fahmy Zarkasyi (Wakil Rektor 1), Dr Abdul Hafidz Zaid (Wakil Rektor 2) dan Eko Nur Cahyo, MA (Kepala Biro Kerjasama)

Kunjungan tersebut merupakan tindak lanjut dari pembicaraan kerja sama yang telah lama dijalin oleh British Council dan UNIDA Gontor.

Dalam pertemuan tersebut, British Council dan UNIDA Gontor menyepakati tiga hal.

  1. British Council akan mengadakan program Training for Trainer (TOT) untuk para guru bahasa Inggris di level secondary (KMI) pada awal bulan April 2019
  2. ToT untuk para dosen Bahasa Inggris Unida Gontor yang akan dilaksanakan pada bulan syawwal, yaitu bertepatan dengan akhir bulan Juni 2019
  3. Kerjasama dalam pembelajaran bahasa Inggris melalui applikasi yang bisa didownload di Android dan iP

Lebih dari itu, Mr Paul juga menyatakan siap untuk membantu jika UNIDA Gontor mengadakan festival bahasa Inggris.

Dr Hamid berharap dengan adanya kerjasama tersebut mutu pengajaran bahasa Inggris di Gontor akan semakin baik. “Dengan bahasa Inggris yang baik, akan membuka peluang lebih besar untuk studi lanjut ke berbagai negara,” ungkap beliau.

Sebagaimana diketahui, Gontor telah menerapkan bahasa Arab dan Inggris sebagai bahasa utama dan bahasa pengantar resmi. Mahasiswa UNIDA Gontor pun diwajibkan untuk menulis skripsi ataupun tesis dan desertasi mereka dalam bahasa Arab dan Bahasa Inggris.

Dengan fokusnya pada pengembangan bahasa Inggris, UNIDA Gontor mendapat berbagai bentuk pengakuan. Salah satunya, Gontor mendapat kunjungan dari British Ambassador, HE Moazzam Malik.

Pada kesempatan tersebut, British Ambassador juga berkesampatan memberikan public lecture di UNIDA Gontor

Pada tahun lalu, UNIDA Gontor juga menjadi tuan rumah bagi Discovering Indonesian Islam, dimana Mr Yusuf Ur Rehman, seorang berkebangsaan Inggris tinggal di UNIDA Gontor dengan sponsor dari British Embassy untuk mendalami tentang Islam dan Indonesia serta mengajar bahasa Inggris.

Video saat Yusuf Ur Rehman berada di UNIDA Gontor dapat dilihat di sini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *