Berikut 3 Jalur Pendaftaran SPMB UNIDA Gontor 2019

Berikut 3 Jalur Pendaftaran SPMB UNIDA Gontor 2019

UNIDA Gontor – Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Darussalam Gontor Tahun 2019 resmi dibuka oleh Rektor Universitas Darussalam Gontor, Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A pada Sabtu (15/6/2019).

Ketua SPMB UNIDA Gontor Mohammad Alwi Yusron, M.A mengatakan, pelaksanaan SPMB UNIDA Gontor 2019 dilandaskan atas beberapa landasan konseptual. Antara lain, memberikan pengakuan terhadap semua prestasi akademik siswa.

“Memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada seluruh siswa yang mempunyai prestasi akademik terbaik untuk dapat mengikuti pendidikan tinggi di perguruan swasta UNIDA Gontor tanpa diskriminasi,” kata Alwi dalam keterangan wawancara, Sabtu (15/6/2019).

Berdasarkan peraturan UNIDA Gontor tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi, diatur sejumlah kapasitas asrama dan penampungan kelas sesuai aturan Dikti Kopertais. Oleh karena itu UNIDA Gontor menjadi beberapa pola dalam penerimaan Mahasiswa Baru.

Pertama, jalur KMI, yaitu merupakan seleksi berdasarkan hasil penelusuran alumni Kulliyatul Mu’allimin Islamiyah Pondok Modern Darussalam Gontor calon mahasiswa.

Kedua, jalur Khusus, yaitu seleksi berdasarkan hasil penelusuran alumni KMI yang pernah mengabdi di pondok pesantren cabang kemudian melanjuutkan studinya di UNIDA Gontor.

Ketiga, jalur Reguler, yaitu seleksi mandiri yang diatur dan ditetapkan oleh UNIDA Gontor melalui tes lisan dan tes tulis.

“Untuk daya tampung calon mahasiswa, SPMB jalur KMI dan khusus paling sedikit memiliki alokasi sebesar 60 persen dari total penerimaan calon mahasiswa. Sedangkan seleksi reguler paling banyak 30 persen,’ ucap Ketua Panitia SPMB UNIDA Gontor.

Alwi menjelaskan, pelaksanaan seleksi SPMB UNIDA Gontor memiliki syarat berdasarkan potensi kemampuan calon mahasiswa dalam berbahasa Arab, Inggris, dan baca Al-Qur’an. Untuk calon mahasiswa yang telah memiliki kemampuan potensi tersebut, maka calon mahasiswa tersebut 60 persen dapat diterima di UNIDA Gontor.

Adapun pelaksanaan SPMB UNIDA Gontor, untuk peserta jalur reguler ditetapkan peningkatan jumlah peserta, yaitu mencapai 118 siswa. Sedangkan pendaftar jalur KMI, yaitu mencapai 282 siswa dan jalur khusus berjumlah 2 orang. Seleksi mandiri dilaksanakan hanya dua kali dalam setahun oleh SPMB UNIDA Gontor setelah pengumuman pembukaan pendaftaran di UNIDA Gontor. (Ilham)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *