BAKSOS UNIDA: “Dari Hati, Tulus Berbakti, Bina Masyarakat Islami”

BAKSOS UNIDA: “Dari Hati, Tulus Berbakti, Bina Masyarakat Islami”

PARINGAN, PONOROGO (1/9/2017) – “Dari hati, tulus berbakti, bina masyarakat Islami” begitulah motto dari Bakti Sosial Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor 2017 berbunyi. Bakti sosial ini diselenggarakan selama tiga hari mulai hari Rabu, 30 Agustus – 2 September 2017. Yang dilaksanakan di Desa Paringan, Kec. Jenangan, Kab. Ponorogo. Sekitar 15 km dari Kampus UNIDA Gontor. Atau sekitar 30 menit perjalanan ditempuh dengan mobil.

Sebelum berangkat menuju lokasi, diadakan Upacara Pelepasan Baktisosial Mahasiswa UNIDA Gontor yang dilaksanakan pada Rabu Pagi, Pukul 06.30 WIB oleh Kepala Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPKM) Noor Syahid, M.Pd. Acara pelepasan ini dihadiri oleh Wakil Rektor II UNIDA Gontor Dr. Setiawan Bin Lahuri, M.A., Kepala Biro Administrasi Akademik (BAAK) Royyan Ramdhani Djayusman, M.A., dan Dosen UNIDA Gontor.

Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa dari semester 1 sebagai anggotanya dan mahasiswa semester 3 sebagai panitia dan pembimbing. Dan total peserta keseluruhan sekitar 350-an mahasiswa. Peserta bakti sosial ini dibagi menjadi 30 kelompok dengan tiap – tiap kelompok beranggotaan 10 mahasiswa termasuk pembimbingnya. Kelompok – kelompok ini disebar ke empat dusun berbeda yang ada di Desa Paringan ini. Setiap dusun ini terdiri dari 5 – 6 kelompok.

Dalam kegiatan ini, para mahasiswa belajar untuk bermasyarakat secara langsung. Belajar bagaimana mereka seharusnya berperan dalam mewarnai masyarakat dengan nilai – nilai Islami. Bentuk pembelajaran diwujudkan dengan kerja bakti membersihkan lingkungan, meramaikan malam takbiran, mengajar TPA, membantu jalannya Sholat ‘Ied dan Ibadah Qurban, dan lain sebagainya. Banyak pula acara yang diselenggarakan dalam kegiatan ini. Seperti Pentas Seni, Lomba antar TPA, Lomba antar dusun dan sebagainya. [FIkrul Umam]

 



Artikel Terkait Idul Adha

Teks Khutbah Idul Adha 2018: Berkorban adalah Ciri Seorang Muslim

Khutbah Idul Adha 1438 H, Ust Royyan sampaikan “Berkorban Adalah Ciri Seorang Muslim”

Qurban: Membunuh Sifat Egois

Khutbah Idul Adha Ustadz Khoirul Umam: “Mentalitas Berqurban Solusi Bangsa”

Hari Raya Idul Adha 1439 H, Pondok Modern Darussalam Gontor Qurban 30 Ekor Sapi dan 59 Ekor Kambing



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *