Bagaimana Cara Membangun Budaya Akademik?

Bagaimana Cara Membangun Budaya Akademik?

Budaya akademik merupakan salah satu budaya kunci yang dapat menggerakkan roda keilmuan pada sebuah lembaga pendidikan, khususnya perguruan tinggi. Sebuah universitas yang memiliki budaya keilmuan yang baik dan kuat akan dapat dengan mudah menghasilkan berbagai penemuan dan inovasi yang dapat bermanfaat, bukan hanya bagi institusi tersebut, namun juga bagi masyarakat luas lainnya.

Namun bagaimanakah caranya untuk membentuk sebuah budaya akademik? Menurut Dr. Muhammad Ridlo Zarkasyi, dalam paper berjudul “Membangun Budaya Akademik pada Perguruan Tinggi Pesantren”, membangun budaya akademik, tidak jauh beda dengan membangun budaya organisasi. Ada 6 tahapan yang perlu dijalani; 1) mengevaluasi situasi organisasi dan menentukan tujuan dan arahan strategis; 2) menganalisis budaya yang ada dan membuat sketsa budaya yang diinginkan; 3) menganalisis kesenjangan antara apa yang ada dan apa yang diinginkan;

Setelah tiga langkah tersebut dilaksanakan, maka langkah selanjutnya adalah; 4) mengembangkan rencana pengembangan budaya; 5) melaksanakan rencana; 6) mengevaluasi perubahan dan upaya baru untuk terlibat dalam langkah-langkah untuk mempertahankan perubahan budaya.

Menurutnya, langkah membangun dan mempertahankan budaya akademik, dapat didukung dengan beberapa program, antara lain: perubahan prosedur rekrutmen dan seleksi; bentuk baru program sosialisasi dan pelatihan; serta sistem penilaian kinerja yang tepat efektif. Hal tersebut, dapat diperkuat lagi dengan kepemimpinan yang mengkomunikasikan nilai-nilai budaya dalam pembicaraan, tindakan dan pengaturan materi.

Membangun budaya akademik, sebagaimana membangun sebuah bangunan yang kokoh, memerlukan perencanaan yang matang, pelaksanaan yang hati-hati, serta waktu yang sesuai dengan tingkat kompleksitas rancangan. Bagi lembaga pendidikan manapun yang ingin memberikan kontribusi akademis dalam bangunan peradaban dunia, enam langkah di atas patut untuk dilaksanakan. [Taufiq. Ed: Wafi]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *