Apresiasi Seni Al-Hambra Night, Ajang Kreativitas Mahasiswa Santri

Apresiasi Seni Al-Hambra Night, Ajang Kreativitas Mahasiswa Santri

UNIDA Gontor – Akhir dari rentetan kegiatan Pekan Perkenalan Khutbatul Arsy’ (PKA) perdana Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor ditutup dengan Acara Apresiasi Seni “Al-Hambra Night”, seluruh Mahasiswa dan Dosen UNIDA Gontor berperan aktif dalam acara ini. Bertempat  di depan Gedung Utama acara ini dihadiri oleh mahasiswa  UNIDA Gontor kampus Kediri, kampus Robitoh dan kampus putri Mantingan. Acara dimulai dari jam 19.35 – 00.10  WIB. (24/08/2017)

Mengawali acara ini Master of Ceremony (MC) Tabarokal Robby Rintoko menjelaskan tetang arti “Al-hambra” ia mengakatan bahwa “Al-hambra” berasal dari kata bahasa Arab: الحمراء = Al-Hamra’; berarti “merah” adalah nama sebuah kompleks istana sekaligus benteng yang megah dari kekhalifahan bani ummayyah di Granada, Spanyol. bagian selatan (dikenal dengan sebutan Al-Andalus ketika benteng ini didirikan), yang mencakup wilayah perbukitan di batas kota Granada. Istana ini dibangun sebagai tempat tinggal khalifah beserta para pembesarnya. Dengan disematkannya nama “Al-hambra” dalam acara ini menyimpan rekaman sejarah kehebatan ilmu pengetahuan, karya sastra, seni dan arsitektur umat Islam. Bahkan Cordova, wilayah dimana Al-hambra berdiri disebut sebagai puncak kecemerlangan ilmu pengetahuan Islam, di saat Barat sedang dalam Abad Kegelapan.

Acara ini dibuka oleh Rektor UNIDA Gontor Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A. beliau sangat senang dan mengapresiasi acara ini dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa kami segenap pimpinan di UNIDA Gontor sangat bersyukur bahwa antusias dari para Mahasiswa & Dosen sangat besar dalam mensukseskan acara ini.

Selanjutnya, acara ini selain sebagai akhir dari rentetan PKA, juga merupakan salah satu agenda tahunan Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) dalam rangka memaksimalkan peran mahasiswa santri di UNIDA Gontor, dengan tujuan sebagai ajang peningkatan potensi dan kapasitas Mahasiswa santri yang berjiwa prima ideal dan menjadi pencetus dalam seluruh kegiatan akademik maupun non akademik. Demikian, ungkap Meichio Lesmana selaku ketua Pelaksana Apresiasi Seni “Al-Hambra Night” dalam sambutannya.

Lanjut Meichio Lesmana bahwa apresiasi seni malam hari ini merupakan bagian dari dinamaika kehidupan mahasiswa santri sebagai bentuk kontribusi dalam kemajuan tri darma perguruan tinggi yaitu Pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Dengan bermottokan PKA “Gontor Mencerdaskan Ummat bersatu membina bangsa” UNIDA Gontor berperan penting dalam membangkitkan khazanah keislaman dan keitelektualan kemahasiswaan sehingga mampu berkontribusi bagi kemajuan bangsa dan Negara.

Adapun acara yang ditampilkan adalah sebagai berikut Hadroh, Teaterikalisasi Puisi, Nasyid, Lukis Pasir & Diamond (Dimensi B), Drama Monolog, Tari Aceh, Tari Campur sari, Tari Poco-poco & Malulo, Dimensi Jr (Dimensi A), Sulap, Tae Kwon do, Pencak Silat Nusantara, UNIDA Unity Band, War Dance, Tari India, Tari Bendera, Dimensi Jr dan All Star Band. Wafi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *