Universitas Darussalam Gontor

Akbar Rahmadi, Berkhidmat Untuk Negeri Ala Kaum Milenial

akbar rahmadi

UNIDA Gontor-Minggu (11/10/20) tim web jurnalis dari Arsip dan Dokumentasi UNIDA Gontor menghubungi salah satu alumni tahun 2018 yang sukses berkiprah di Jakarta, yaitu Akbar Rahmadi. Alumni UNIDA Gontor asal Makassar ini adalah salah satu alumni dari prodi Hubungan Internasional yang melanjutkan  estafet perjuangannya sebagai aktivis kegiatan sosial kemasyarakatan.

Tidak hanya sebatas menjadi seorang aktivis kegiatan sosial kemasyarakatan, Akbar Rahmadi juga menciptakan berbagai platform pendidikan dan juga bekerja di sebuah start up yang dibangun oleh rekan-rekan diaspora dari Doha, Qatar. Start up tempat ia bekerja merupakan salah satu start up yang bergerak dalam bidang konsultasi psikologi di media dan pemberdayaan pemudanya.

Akbar Rahmadi bersama Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat ketika menjadi penerjemah tamu dari luar negeri

Selain itu, ia juga berperan aktif di berbagai organisasi masyarakat yang digarap oleh para pemuda dari berbagai daerah yang berdomisili di Jakarta. Dalam organisasi tersebut, ia memaparkan kepada tim web jurnalis bahwa ia berkhidmat sebagai kepala bagian koordinator informasi dan publikasi di organisasi tersebut. Nama organisasi tempat ia berjuang dan berkarya tersebut adalah Organisasi Dewan Kepemudaan Nasional dibawah Sandiaga Sholahudin Uno, yaitu organisasi yang bergerak di bidang Sustainable Development Goals (SDG’s).

Akbar Rahmadi bersama Prof. Din Syamsuddin

Bagi seorang Akbar Rahmadi, dalam kehidupan kita harus bergaul dengan orang lain agar memiliki koneksi dan jaringan yang luas ke berbagai pihak serta menciptakan sinergitas. “Anak Alumni UNIDA Gontor ketika sudah lulus harus mampu membuat jejaring sosial yang luas, disitulah kita bisa show up atau bisa muncul dipermukaan serta memiliki narasi tersendiri dalam menghadapi isu-isu terkini” jelasnya sebagai pesan kepada kaum milenial, khususnya alumni UNIDA Gontor.

Ada hal menarik yang dipaparkan oleh seorang Akbar Rahmadi untuk para pemuda milenial khususnya mahasiswa UNIDA Gontor agar bergerak dan aktif berkegiatan. “Ketika di kampus harus aktif, tapi bukan sekedar aktif-aktif saja, ikut seminar sana-sini tapi sekedar ikut dan pasif di dalamnya. Hal itu bisa kita gunakan dan sangat berguna ketika kita sudah lulus, karena itu sinkron dengan kebutuhan dunia kerja di luar” pesannya di akhir percakapan kami dengan Akbar Rahmadi. (Adrian Rizky Pratama)

Adrian

Adrian

Leave a Replay