ORGANISASI MAHASISWA

Untuk menumbuhkan iklim akademis yang kondusif, UNIDA Gontor melibatkan para mahasiswa dalam berbagai kegiatan akademis maupun non akademis yang diorganisir oleh Dewan Mahasiswa (DEMA). Organisasi ini membawahi beberapa departemen, di antaranya adalah:

Departemen Kajian Ilmiah dan Pengabdian Masyarakat

DEMA mengadakan berbagai kegiatan rutin untuk membangkitkan potensi mahasiswa, di antaranya: penyampaian tau’iyah diniyyah bekerjasama dengan Suara Gontor FM, pengajaran al-Qur’an, Pekan Kajian Ilmiah dan Spiritualitas, dan berbagai halaqah ilmiah dalam berbagai kesempatan.

Departemen Publikasi

Di setiap kampus, DEMA berlomba-lomba menerbitkan berbagai majalah, bulletin, serta majalah dinding. Hal ini seiring dengan usaha UNIDA Gontor untuk memperdalam kemampuan mahasiswa dalam menulis, khususnya menulis karya ilmiah. Selain buletin Pusaka yang terbit tiap dwi minggu, diterbitkan pula Risalah Dakwah, Tajdid, majalah Nahdhah, serta majalah Himmah yang terbit triwulan.

Gerakan Pramuka dan Cinta Alam

Kegiatan bagian ini meliputi latihan rutin kepramukaan, mengadakan lomba kepramukaan antar perguruan tinggi, hiking, panjat tebing, latihan Search and Rescue di Lanud Iswahyudi, dan lain sebagainya.

Departemen Olahraga

Pada raga yang sehat, terdapat jiwa yang sehat. UNIDA Gontor menyiapkan berbagai sarana olahraga bagi mahasiswa, antara lain basket, badminton, takraw, volli, tenis meja, serta bela diri. Departemen olahraga inilah yang mengorganisir berbagai kegiatan olahraga di dalam maupun di luar kampus.

Departemen Kesenian

Untuk mengembangkan kreativitas dan apresiasi seni mahasiswa, UNIDA Gontor menggalakkan berbagai kegiatan kesenian, antara lain; art show, seni beladiri, seni music, seni tilawatul Qur’an, serta teater.

 

MAHASISWA ASING DAN ALUMNI

Mahasiswa UNIDA Gontor bukan hanya terdiri dari warga negara Indonesia saja, tetapi juga dari warga negara asing, di antaranya dari Australia, Malaysia, Thailand, Turki, dan Perancis.

Sementara itu, alumni UNIDA Gontor tergabung dalam Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM). Organisasi ini berkantor pusat di Pondok Modern Darussalam Gontor, dan cabangnya tersebar di seluruh Indonesia dan di luar negeri. Hingga saat ini, alumni UNIDA Gontor (sebelumnya bernama ISID Gontor) yang berjumlah sekitar 10 ribu telah berperan aktif di masyarakat di berbagai bidang. Di antaranya ada yang menjadi rector, dekan, dosen, guru, diplomat, anggota DPR/politisi, pimpinan pesantren, hakim, pengusaha, dll.