74 Tahun Indonesia Merdeka : “Apa Arti Kemerdekaan yang Sebenarnya ?”

74 Tahun Indonesia Merdeka : “Apa Arti Kemerdekaan yang Sebenarnya ?”

UNIDA Gontor – “Esensi penting dari kemerdekaan bangsa kita adalah bersatu, berdaulat adil dan makmur, memerdekaan diri sendiri, bersikap adil dan turut serta dalam memakmurkan masyarakat”, amanat Dr. Setiawan bin Lahuri, M.A. pada Upacara Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke- 74  (17/08).

Suasana pagi ini di UNIDA Gontor sangat berbeda dengan hari-hari sebelumnya. Barisan mahasiswa berjejer rapi, tegap menghormati kibaran “Sang Saka Merah Putih”, yang diiringi lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

74 tahun sudah Indonesia terbebas dari penjajahan. Bangsa yang terjajah lebih dari 300 tahun ini tidak akan merdeka tanpa ada jasa para pahlawan dan syuhada yang telah gugur mendahului kita. Berjuang demi mengibarkan bendera Merah Putih dari Sabang sampai Merauke. Diantara mereka adalah para kyai, ulama dan santri yang ikut serta melawan bengisnya kolonial.

Amanat Pemimpin Upacara dan Pembukaan UTS

Salah satu cara untuk mengenang jasa merka adalah dengan melakasanakan Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Berbeda dengan tahun sebelumnya Upacara Peringatan Kemerdekaan di UNIDA Gontor bertepatan  dengan Pembukaan UTS semester ganjil 2019/2020. “Ini adalah suatu bukti kemerdekaan kita dimana kita bisa melaksanakan UTS dan menuntut ilmu dengan rasa aman dan nyaman tanpa ada tekanan atau ancaman dari pihak manapun”, ungkap Dr. Setiawan .

Arti penting UNIDA Gontor, sebagai Lembaga Pendidikan adalah merdeka dan bebas untuk melaksanakan kegiatan pendidikan. Sedangkan bagi mahasiswa adalah bebas untuk berfikir dan berpendapat, serta leluasa dalam menuntut ilmu tanpa ada tekanan dan paksaan. [Iqbal]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *