Rencana Short Course Bahasa Arab, Mahasiswa Kyoto University Jepang di UNIDA Gontor

Rencana Short Course Bahasa Arab, Mahasiswa Kyoto University Jepang di UNIDA Gontor

Bahasa Arab selain sebagai Bahasa al-Qur’an dan Peradaban, juga merupakan salahsatu bahasa yang sangat diminati di dunia, banyak mahasiswa ingin mempelajarinya, tak terkecuali Yuji Mizuno (Arabic Name: Yusuf) salah seorang mahasiswa dari Kyoto University Jepang. Kecintaanya terhadap Islam dan Bahasa Arab telah membawanya datang ke Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor.

Di sambut oleh Wakil Rektor I UNIDA Gontor Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi dan Wakil Rektor III UNIDA Gontor Dr. Dihyatun Masqon, M.A. serta dari Lembaga Pusat Bahasa Umi Mahmudah, M.Pd., Yuji, sapaan akrabnya. mengutarakan maksud dan tujuannya datang ke UNIDA Gontor pertama, untuk silaturahmi, yang kedua untuk belajar Bahasa Arab.(10/08/2017)

Kunjungan Yuji yang pertama ini, merupakan langkah awal mengenal lingkungan kampus sebelum ia belajar Bahasa Arab di UNIDA Gontor, sebelum datang kesini ia telah mencari-cari tempat belajar bahasa arab yang baik untuk non arab dan ternyata setelah bertukar informasi dengan kerabat dan saudara serta mencari informasi di Internet, pilihannya jatuh pada UNIDA Gontor.

“Bagi saya, Gontor merupakan ikon Bahasa Arab bagi orang-orang non Arab yang ingin mempelajari Bahasa Arab. Sebab, mahasiswa yang belajar dan Dosen yang mengajar disini bukan orang Arab. Beberapa hari saya disini, lebih baik Bahasa Arabnya dari pada di Jepang, padahal yang mengajari saya disana adalah Dosen Asal Saudi Arabia” demikian ungkap Yuji saat berbincang hangat dengan Wakil Rektor UNIDA Gontor.

Selama di UNIDA Gontor Yuji ditemani Syukron Ma’mun, M.A., Mahasiswa Doktoral. Keliling melihat suasana kampus, ia sangat senang melihat suasana yang kondusif untuk belajar. “Disini merupakan tempat lahirnya para cendikiawan.” Tutur Yuji, dihadapan Syukran Ma’mun, M.A., saat bincang hangat sambil mengelilingi kampus.

Ini merupakan kunjungan pertama Yuji, kunjungan keduanya dilanjutkan pada bulan September mendatang untuk belajar Bahasa Arab. Selain itu, setelah menyelesaikan studi S1 nya di Kyoto University ia berencana melanjutkan studi Magisternya disini dengan mengambil program studi Aqidah dan Filsafat Islam. [Wafi]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *