Sabtu (5/1), mahasiswa semester 2 Program Studi Agroteknologi UNIDA Gontor melaksanakan studi lapangan tentang Manajemen Usahatani di Pertanian Terpadu Trenggalek. “Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan mahasiswa dalam menganalisis usahatani yang ada di lokasi pertanian organik kabupaten Trenggalek,” papar Ust. Use Etica, Kaprodi Agroteknologi UNIDA Gontor.

Menurut Ust. Use Etica, dalam pengelolaan usahatani pertanian terpadu ada beberapa hal yang harus diperhatikan unsur-unsur usahatani, “Diantaranya; sumberdaya, biaya, proses produksi dan hasil. Untuk memperoleh hasil yang optimal harus dilihat analisa efesiensi yang meliputi efisiensi teknis, efesiensi harga dan efisiensi secara ekonomis, serta melakukan analisa finansial untuk mengetahui kelayakan usaha tersebut.”

Agroteknologi UNIDA Gontor: kuliah di alam terbuka di Trenggalek

Kuliah di luar kelas merupakan strategi pembelajaran yang dilakukan di Prodi Agrotek untuk menciptakan suasana akademik yang dinamis bagi mahasiswa dan dosen. “Dengan kegiatan ini, mahasiswa berperan aktif dan berdiskusi tentang manajemen usahatani yang ada di lokasi tersebut,” papar beliau. [Tim Berita Agroteknologi / Ed. Taufiq]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *