22 Mahasiswa/i Amerika Pelajari Islam dan Pondok Pesantren di UNIDA Gontor

22 Mahasiswa/i Amerika Pelajari Islam dan Pondok Pesantren di UNIDA Gontor

UNIDA Gontor – Sebanyak 20 orang Mahasiswi dan 2 orang Mahasiswa Amerika Serikat yang tergabung dalam program School for International Training (SIT) Study Abroad Indonesia ‘Arts, Religion & Social Change mengikuti kegiatan di kampus putri dan kampus pusat UNIDA Gontor. Kegiatan SIT di UNIDA Gontor ini berlangsung dari tanggal 1 – 4 Oktober 2017.

Setibanya di Gontor Putri rombongan SIT disambut panitia yang terdiri dari mahasiswa/i UNIDA Gontor, agenda mereka di Gontor Putri ini adalah mempelajari tentang Islam, pondok pesantren dan peran wanita dalam prespektif Islam. Sebelum  mengelilingi kampus mereka bersama mahasiswi UNIDA Gontor diajarkan cara mengenakan hijab, diberikan pemahaman tentang hijab dan dijelaskan mengapa setiap muslimah wajib mengenakan hijab.

Selain itu, rombongan SIT ini juga banyak mempelajari tetang sosok wanita muslimah sebagai Ibu dan pendidik dalam rumah tangga. Acara dilanjutkan dengan seminar tentang model pendidikan Pondok Modern Darussalam Gontor yang disampaikan Dosen UNIDA Gontor Dr.Nurhadi Ikhsan, MIRKH., Ari Rachmat Sunjoto, M.A., dan Ahmad Fajaruddin, M.A.

Usai kunjungan ke Gontor Putri, rombongan SIT melanjutkan kegiatan selanjutnya ke kampus pusat UNIDA Gontor. Disini mereka mengikuti dua sesi diskusi bersama mahasiswa Program Kaderisasi Ulama (PKU) yang bertemakan tentang Religious studies, Social Change, Environment dan Mencari solusi untuk mengurangi Islamophobia di Negeri Paman Sam tersebut. Dari hasil diskusi bersama mahasiswa PKU membuat mahasiswi ini terbuka cara pandang terhadap Islam yang sebelumnya diisukan keras, teroris dan radikal. Ternyata Islam memberikan solusi yang di tawarkan atas permasalahan saat ini, ‘waw, that’s beautifull’ ungkap salah seorang peserta SIT, betapa indahnya Islam ketika telah mendengar penjelasan bagaimana Islam sebenarnya.

Selanjutnya, selain diskusi peserta SIT juga mengikuti kegiatan olahraga dan kesenian yang ada di UNIDA Gontor. Dalam bidang olahraga peserta SIT yang didampingi DEMA devisi kegiatan mahasiswa (UKM) archery club diajari tehnik cara memanah yang baik dan benar. Sedangkan dibidang kesenian mereka melihat penampilkan tarian reog yang dimaikan oleh mahasiswa UNIDA Gontor, tak hanya melihat mereka juga terlibat langsung memperaktekan kesenian tarian yang berasal dari Ponorogo ini .

Rentetan kegiatan yang berlangsung selama empat hari di kampus UNIDA Gontor ini di tutup dengan gala dinner bersama Wakil Rektor II UNIDA Gontor Dr. Setiawan bin Lahuri, M.A., dan penampilan kreatifitas seni dari mahasiswa UNIDA Gontor seperti rebana, dimensi band, tari aceh, dan tari malulo.

“Ini merupakan kesempatan yang mahal bagi kita mahasiswa UNIDA Gontor untuk mengetahui dan memahami langsung sudut pandang orang barat atau Amerika pada khususnya tetang Islam dan Indonesia. Tak hanya itu, dari kegiatan ini kita dapat memperaktekan kemapuan bahasa Inggris di hadapan mahasiswi Amerika Serikat”. Ujar Ridho Ramazani selaku pendamping rombongan SIT di UNIDA Gontor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *